E-commerce
Seiring berkembangnya zaman dan juga teknologi yang
mendalam, penggunaan internet di Indonesia khususnya dikalangan anak muda sudah
tidak asing lagi. Dari system internet yang terus berkembang ini, biasanya memberikan
dampak bagi manusia yaitu memanfaatkan internet dengan berbagai macam cara, termasuk
diantaranya adalah dengan jual-beli yang dimana biasanya masyarakat atau orang
menyebutnya Online Shop. Caranya mudah, barang-barang yang dijual dengan
kualitas yang baik serta harga terjangkau bagi kalangan menengah kebawah.
Maka dari itu saya sendiri mengambil sebuah sample
yang dimana bergerak dibidang jenis e-commerce. Saya mengamati disebuah usaha
atau perusahan kecil yang melakukan penjualan pakaian (khususnya pakaian
olahraga / Jersey) secara online. Biasanya perusahaan yang bergerak dibidang penjualan
pakaian secara online ini memanfaatkan iklan gratis di social media. Disistem
penjualan melalui online ini sangat membutuhkan yang namanya kerjasama bahkan
kepercayaan, dimana kerjasama dan kepercayaan antara produsen, penjual dengan
si pembeli.
Dari hasil wawancara, usaha ini memiliki jangkauan
atau cakupan keseluruh Indonesia dengan memanfaatkan jasa pengiriman paket
kilat. Disebutkan bahwa omset yang didapat dalam setahun kurang lebih berkisar
10-30 pcs. Didalam usaha ini memiliki satu orang karyawan, karyawan tersebut
biasanya membantu operasional penjualan.
Kesimpulan yang didapat dari hasil wawancara adalah
usaha kecil ini tidak secara terus-menerus karena hasil penjualannya tergantung
dari permintaan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar