Game
Engine Dan Scene Graph
Game Engine adalah perangkat lunak yang
digunakan untuk menciptakan perangkat lunak lain, dalam hal ini adalah game.
Kita bisa menyebutnya game authoring software, game creator tool, software
pembuat game, dan sebagainya. Sedangkan Scene Graph adalah merupakan inti dari
Java3D. Sebuah scene graph merupakan grafik yang merepresentasikan geometri,
material, dan pencahayaan.
A.
OGRE
OGRE
(Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah engine yang object oriented
& flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C++
serta didesain untuk mampu men-developer dengan intuitif & mudah kepada
aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphic.
Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D &
OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek dan class
object yang lebih tinggi.
OGRE
hanyalah rendering engine. Seperti pada engine lainnya, hanya saja OGRE pada
umumnya hanya sebagai graphic rendering. Dengan kata lain fitur OGRE hanya
khusus menangani vector & matrix classes, memory handling, dan lain-lain.
Ini bukanlah salah satu dari semua solusi dalam istilah game development /
simulasi, OGRE tidak menyediakan audio / physics support.
Walaupun
penjelasan diatas bisa dikatakan sebagai kelemahan dari ogre itu sendiri, akan
tatapi itu semua sebanding dengan kemampuan grafis yang ada pada game engine
tersebut. Kelebihan yang paling menonjol pada ogre adalah graphics engine yang
bisa memberikan para developer sebuah kebebasan untuk menggunakan physics
apapun, input, audio, & library lainnya. OGRE memberikan para tim
development untuk fokus pada graphics daripada beberapa sistem-sistem yang ada
dalam game development. OGRE dapat mensuport OIS, SDL, dan CEGUI libraries.
Sekarang ini OGRE adalah publish dibawah dua lisensi, yaitu LGPL & OUL.
Maka sekarang ini para publish tersebut membuka OGRE sebagai free / open-source
software.
Fitur-fitur
pada OGRE :
1.
Desain
yang object oriented dengan menggunakan plugin untuk mempermudah memasukkan
fitur lainnya.
2.
Engine
berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree,
BSP, & Paging Landscape scene manager.
3.
Multi-platform
dengan dukungan OpenGL & Direct3D. Bisa merender konten yang sama di beda
platform tanpa harus mempunyai content creator. Dapat diakses pada platform
Linux, Mac OS X, dan semua versi Windows.
4.
OGRE
mendukung program Vertex dan Fragment selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg, dan
assembler.
5.
The
landscape scene manager untuk Progressive LOD, yang mana bisa dibuat secara
otomatis & manual.
6.
Engine
animasi yang mensuport penuh untuk multiple hardware.
7.
OGRE
mempunyai comositing manager dengan bahasa script dan full screen
postprocessing untuk efek seperti HDR, blooming, satruation, brightness,
blurring, & noise.
8.
Libraries
mempunyai fitur memory debugging & loading resource dari archive-nya.
9.
Tersedia
konten tools untuk 3D modeler, seperti 3D Studio Max, Maya, Blender, LightWare,
Milkshape, Sketchup, dsb.
A.
Processing
Processing
adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman (development
environment) open source untuk memprogram gambar, animasi dan interaksi.
Digunakan oleh pelajar, seniman, desainer, peneliti, dan hobbyist untuk
belajar, membuat prototipe, dan produksi. Processing digunakan untuk mengajarkan
dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku
sketsa perangkat lunak (software) dan tool produksi profesional.
Processing adalah suatu
projek terbuka yang diinisiasi oleh Ben Fray dan Casey Reas.
Berkembang dari ide-ide yang dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group
(ACG) di MIT Media Lab. Projek ini kini terus diperbaiki dan dikelola oleh
sejumlah kecil tim voluntir.
Processing mengaitkan konsep
software pada prinsip-prinsip bentuk rupa, gerak, dan interaksi. Processing
mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan
metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.
B.
Game Maker
Game Maker adalah
software yang bisa membantu anda menjadi pengembang game komputer tanpa
menggunakan coding sedikitpun. Bahkan anda bisa membuat game 3 Dimensi dan
MultiPlayer jika anda mau. Anda mempunyai hak penuh dari software (game) yang
anda buat termasuk menjual game tersebut Jika masih kurang anda bahkan bisa mendownload
musik, efek suara, gambar, script, background dsb
C.
Unity
3D
UNITY 3D adalah sebuah game developing
software. Dengan software ini, kita bisa membuat game 3D yang seru. Jika anda belum
memakai unity3D, maka bersiaplah untuk mencobanya, karena game developer ini
sangat mudah menggunakannya, dengan GUI yang memudahkan kita untuk membuat
mengedit dan membuat script untuk menciptakan sebuah game 3D.
Selain bisa untuk build game PC, UNITY juga dapat
digunakan untuk membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360,
juga Ipad, Iphone, & android. Namun masing-masing membutuhkan biaya
lisensinya sendiri. Selain itu juga bisa juga buat web, cuma butuh install
Unity webplayer nya ajah. Unity lebih kurang sama dengan Blender game engine cuma
unity lebih ringan dan diintegrasi lebih didalm suasana grafik
Bahasa pemrograman yang dapat diterima UNITY adalah JAVA
SCRIPT, CS SCRIPT (C#) & BOO SCRIPT.. bagi agan-agan yang ingin mulai
belajar, jangan takut... Unity tergolong cukup mudah untuk dikuasai. simkuring yang dulunya mual ngeliat
"jelimet-keritingnya-sebuah-script" pun dikit-dikit bisa mulai
kenalan sama Unity & bikin game sederhana.
Kelebihan unity yaitu multiple
platform, maksudnya banyak platform yang diisupport oleh unity, misal Windows,
Mac, iPhone, iPad, Android, Nintendo Wii, dan juga browser. Untuk browser, kita
memerlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash
Player pada Browser. Bahasa pemrograman yang digunakan
bermacam-macam, mulai dari Javascript, C#, dan Boo.
Pada unity, kita tidak bisa melakukan
desain / modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain Jadi
jika kita ingin mendesain, kita memerlukan 3D editor lain seperti 3dsmax atau
Blender, kemudian kita export menjadi format .fbx
Arsitektur
Game Engine
Arsitektur
mesin game adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan
pengembangan video game. Simplenya dari arsitektur mesin game itu adalah
rancangan dari sistem perangkat lunak dari game itu sendiri.
Ada banyak
mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan
sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. Engine
bukanlah executable program, artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai
program yang berdiri sendiri. Diperlukan sebuah program utama sebagai entry
point atau titik awal jalannya program
Efek Fisik dalam
Game
Game konsol modern saat ini
sudah dilengkapi dengan perangkat gerak yang melibatkan aktivitas fisik
sehingga permainan video game dapat sekaligus melatih otot dan gerak selayaknya
berolahraga, seperti halnya yang disediakan oleh konsol Nintendo Wii, PS3 Move,
atau yang lebih canggih lagi, Xbox 360 Kinect.
Game – game yang melibatkan
aktivitas fisik seperti game tinju, tennis, sepakbola dsb, yang mengharuskan
anda untuk menggerakkan tangan dan anggota tubuh anda sesuai tema video game
yang dimainkan. Untuk mendapatkan seperangkat konsol tersebut tidaklah
perlu mengeluarkan kocek yang dalam. Ketiganya memiliki harga yang berlainan
yang dapat disesuaikan dengan kocek anda.
Efek Positif dalam Game
Mendorong Pola Hidup Sehat
Bermacam video game
menyatukan unsur bugar, nutrisi dan hidup sehat yang menjadi ‘goal’ dalam tema
video game tersebut. Bahkan banyak video game modern saat ini sudah melibatkan
simulasi olahraga selayaknya olahraga outdoor sebenarnya. Dengan memainkan game
tersebut akan membuat orang menjadi berkeringat yang tentunya akan menyehatkan.
Melatih Ketangkasan
Banyak video game yang
dibuat untuk melatih ketangkasan, konsentrasi, dan kejelian. Dengan gabungan
unsur tersebut akan membantu anak dan dewasa berpikir. Dengan begitu, kepikunan
dini pada otak dapat dicegah.
Membina Hubungan Sosial &
Interaksi
Video game saat ini sudah
sangat berbeda dengan video game sepuluh atau dua puluh tahun kebelakang, kala
kita hanya bisa terdiam di dalam kamar dan memainkan video game sepanjang hari
tanpa interaksi apapun. Sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini,
memungkinkan pemain vidgim (video game) dapat melakukan interaksi jarak jauh
kepada orang lain diseluruh dunia melalui media online atau internet yang sudah
tersedia secara built-in pada kebanyakan judul game saat ini.
Meningkatkan Kemampuan Belajar
Video game saat ini jauh
lebih komleks dibandingkan judul – judul game 20 tahun lalu, yang mana
mengharuskan kita untuk mengasah logika, strategi, teka-teki hingga emosi untuk
menyelesaikannya. Para gamer umumnya dituntut untuk dapat mengambil keputusan
dan kendali untuk dirinya sendiri. Pemain juga harus memasukkan perintah,
kombinasi, kesabaran serta keputusan yang cepat untuk menghadapi situasi yang
disediakan pada level – level game yang kian beragam. Dalam hal ini, akan
membantu banyak aspek dalam kemampuan berpikir dan membuat keputusan dalam kehidupan
nyata.
Mengajarkan Sportivitas dan
Kerjasama
Peraturan dan ketentuan yang
ditetapkan dalam game – game online saat ini dituntut serta mengajarkan hal
tentang kerjasama antar kelompok, kekompakan, serta nilai – nilai keteraturan.
Dalam hal tentu memiliki dampak positif tentang bagaimana kita harus
bekerja sama, menghargai nilai komunikasi, saling menguntungkan, bahu membahu,
dll untuk mencapai tujuan kita.
Mencegah Stress
Bila ditanyakan pada
sebagian besar orang, mengapa mereka bermain game? Tentunya sebagian besar dari
mereka akan menjawab untuk me-refreshing atau mengatasi stress ditengah
kepenatan aktivitas di kehidupan sehari – hari. Percayakah anda bahwa dengan
bermain video game yang seru dapat membuat anda melupakan sejenak masalah yang
tengah anda hadapi saat ini.
Mengalihkan Rasa Sakit Fisik
& Mental
Sama seperti poin diatas,
dengan bermain game dapat mengalihkan perhatian anda dari kondisi sakit fisik
yang anda derita saat itu. Bahkan tidak sedikit orang yang melampiaskan
kesedihan dan sakit hati yang mereka rasakan dengan bermain game sepuasnya.
Memberi Kebahagiaan
Makna kebahagiaan sangatlah
luas. Akan tetapi anda dapat mendapatkannya melalui video game sebagai salah
satu caranya. Tidak heran, bila anda menengok sesaat saja bagaimana suasana di
tempat rental game, anda hanya akan melihat teriakan dan tawa yang membuat
mereka bahagia.
Efek Negatif dalam Game
Kecanduan
Seperti yang disebutkan pada
awal tulisan ini, kebahagiaan dan kesenangan yang dirasakan para gamer pada
saat memainkan game, akan membuat orang tersebut ‘merindukan’ suasana hati yang
mereka rasakan selama bermain game, sehingga mereka akan cenderung kembali
bermain dan bermain lagi untuk mencari sensasi yang mereka rasakan tersebut.
Untuk mencegah hal ini, adalah dengan membatasi waktu bermain game. Misalnya, 2
atau 3x dalam satu minggu dengan jangka waktu 1-2 jam.
Membatasi Hubungan Sosial
Pada dampak positif
bermain game telah dijelaskan bahwa bermain game dapat meningkatkan hubungan
sosial secara online dengan para gamer diseluruh dunia. Sebaliknya dalam hal
ini justru akan membatasi hubungan sosial di kehidupan nyata mereka. Banyak
sekali para pecandu game memiliki sedikit waktu untuk membina hubungan sosial
di kehidupan nyata mereka sehingga kemampuan berkomunikasi dan interaksi secara
fisik dan oral menjadi tidak terasah.
Mengganggu Kesehatan
Tunggu! Bukankah dalam poin
sebelumnya disebutkan bahwa bermain game dapat menyehatkan karena banyak game
yang harus melibatkan aktivitas fisik?
Hal itu memang benar,
aktivitas dan gerakan fisik dapat menyehatkan tubuh. Akan tetapi dengan bermain
game yang terlalu intensif dapat mengganggu kesehatan mata, karena bagaimana pun juga permainan
video game memerlukan kontak langsung antara mata dan layar monitor / TV yang
dapat menyebabkan kerusakan pada mata atau menurunnya daya lihat untuk efek
kedepannya.
Collision
Detection
Algoritma untuk mendeteksi collision (tabrakan) sangat
dibutuhkan untuk program game. Flash mulai versi 5 ke atas menyediakan method
yang bernama hitTest untuk memeriksa apakah sebuah movie clip bertabrakan
dengan movie yang lain. Sebelum method hitTest ini tersedia, seorang programmer
Flash harus mendeteksi secara manual koordinat sebuah movie clip, apakah movie
clip ini bertabrakan dengan movie clip lain. Cara ini sangat merepotkan karena
harus mempertimbangkan pula ukuran movie clipnya.
Sumber :
7.http://artikelbahasaindonesia.org/artikel-pendidikan/manfaat-dampak-bermain-game-bagi-anak-dewasa/
mantap
BalasHapus