Sabtu, 16 November 2013

Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan dalam Pengantar Bisnis Informatika

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnyaindividu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkandengan menciptakan,menawarkan dan mempertukarkan produk atau jasa yangbernilai dengan pihak lain. Strategi Pemasaran pada CV. Trimedia Computer :

·         Dalam perusahaan ini menyediakan produk yang berbeda dari perusahaan IT yang lain,dengan spesifikasi mengikuti perkembangan trend,serta harga yang terjangkau untuk konsumen.
·         Cara bersaing dengan perusahaan IT lainnya dengan meningkatkan promosi serta pelayanan yang berbeda yang tidak ada di perusahaan IT yang lain.
·         Perusahaan ini menggunakan media iklan yang interaktif dan menarik untuk memasarkan produk kepada konsumen

Kunci sukses pemasaran adalah selalu mendapatkan tempat yang cocok yang mewakili hasrat konsumen yang tidak terpenuhi dan memanfaatkan peluangi tu secara agresif. Keberhasilan usaha pemasaran suatu perusahaan tergantungpada kemampuan manajemen untuk merencanakan secarastrategis program- program pemasaran dalam kerangka lingkungan perusahaan agar tujuan perusahaan dapat tercapai pada aspek pemasaran terdiri dari spesifikasi produk/jasa, analisis situasi pasar, analisis pesaing, strategi promosi, strategi bisnis dan implementasi, serta media promosi berbasis TI.

A.    Spesifikasi produk/jasa

1.      Produk/Jasa yang ditawarkan pada perusahaan CV. Trimedia Computer yaitu:
Paket sistem kemanan Paket sistem ditujukan untuk sistem keamanan baik dirumah, komputer, maupun ruangan. Menjaga data yang penting agar lebih aman.
2.      Management Resource Application
3.      Pembuatan web
Pembuatan web berdasarkan permintaan client sehingga hasil web tersebut sesuai dengan keinginan client. Mulai dari tampilan,struktur dan lain-lain.
4.      IT Consultan
Berfungsi sebagai sarana bagi para client untuk berkonsultasi mengenai bidang IT, baik di software, hardware, sistem dan jaringan. Perusahaan akan menyediakan solusi yang serinci mungkin kepada para client.
5.      Maintenance Perangkat Komputer
6.      Pemasangan CCTV
CCTV akan mengontrol setiap aktifitas yang terjadi didalam ruangan. Hal ini akan membantu security untuk mengontrol apakah ruangan tersebut sedang menjalan aktifitas sehari-hari atau tidak.
7.      Pemasangan warnet dan game online
Selain pembuatan jasa yang ditawarkan, client akan diberi penjelasan yang lebih rinci mengenai sistem operasional dari sebuah warnet/game center. Sehingga client akan lebih mandiri jika terdapat trouble.

Sasaran penjualan ditujukan kepada personal, corporat dan badan usaha menengah ke atas.


B.     Analisis situasi pasar
Perusahaan menganalisis pasar dengan cara mengikuti berbagai event dan pameran komputer, karena dengan cara itu perusahaan dapat menganalisis pasar dan memahami apa yang sedang pasar inginkan, dengan menyiapkan strategi pemasaran mulai dari produk, price, promotion dan place. Sasaran dari perusahaan ini meliputi sektor korporat, personal dan praktisi IT.

C.    Analisis pesaing
Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Barang/Jasa Di perusahan ini menawarkan :
-          Harga yang kompetitif dengan memberikan potongan harga 15% bagi setiap pemesanan 2 jasa.
-          Untuk pembangunan jaringan dalam berskala besar mendapatkan garansi 2 tahun
-          Jaminan jasa yang berkualitas serta layanan purna jual yang cepat, sigap dan tepat waktu.

Kualitas bersaing dalam harga :
-          Memberikan harga yang kompetitif dan potongan harga 15% setiap pemesanan 2 jasa
-          Memberikan garansi disetiap produknya.
-          Melakukan pengujian kembali jasa yang telah dipesan agar client tidak pindah ke perusahaan yang lain.

D.    Strategi promosi
Pada pemasaran modern, pemasaran bukanlah hanya pengembangan produk, penawaran harga yang menarik, dan membuatnya mudah didapat oleh konsumen. Perusahaan juga harus dapat melakukan komunikasi dengan konsumen yang ada, konsumen potensial dan pihak pihak lain yang berkepentingan dengan  perusahaan  serta  masyarakat  agar  mereka  mengetahui dan  menyukai  produk- produk perusahaan. Oleh karena  itu promosi atau kounikasi  pasar  merupakan bauran yang penting dalam marketingmix.

Strategi promosi yang dilakukan perusahaan CV. Trimedia Computer diantaranya:

A.           Cara penjualan yang dilakukan melalui advertising, sales promotion, personal selling dan publicity. Sebelum karyawan terjun langsung kepasaran, karyawan akana mengikuti training mengenai cara berkomunikasi kepada pelanggan, berinteraksi kepada pelanggan dan menguasai seluk beluk dari jasa yang akan ditawarkan. Bila karyawan berhasil mendapat sebuah proyek, maka perusahaan akan memberikan kompensasi/bonus kepada karyawan tersebut.
B.     untuk bisa kerja sama dengan perusahaan lain dalam hal pemasaran maupun pengembangan produk, perusahan ini melakukan bagi hasil yang kompetitif dengan partner agar kerjasama dengan perusahaan ini berhasil dan mendapat keuntungan yang besar.

E.     Strategi Bisnis dan Implementasi
Strategi yang diterapkan perusahaan yaitu :
Dalam perusahaan ini menyediakan produk yang berbeda dari perusahaan IT yang lain,dengan spesifikasi mengikuti perkembangan trend,serta harga yang terjangkau untuk konsumen.
Cara bersaing dengan perusahaan IT lainnya dengan meningkatkan promosi serta pelayanan yang berbeda yang tidak ada di perusahaan IT yang lain.


F.     Media promosi berbasis TI
Perusahaan ini menggunakan media iklan yang interaktif dan menarik untuk memasarkan produk kepada konsumen. Periklanan adalah bentuk penyajian non personal dan promosi ide, barang atau jasa  yang dibayar  oleh  suatu  sponsor  tertentu.  Periklanan  adalah  cara  yang paling  umum  digunakan  untuk  mengarahkan  komunikasi persuasif pada pembeli  dan  masyarakat.  Iklan  merupakan  cara  yang  paling  efektif  untuk menyebarkan  pesan  dan  untuk  membangun  preferensi  merk.  Namun  betapa pun  hebatnya  sebuah  iklan  tidak  ada  gunanya  bila  tak  mampu  menaikkan omset penjualan. Media iklan yang digunakan perusahaan ini meliputi media elektronik dan cetak, seperti: brosur pamflet , internet, forum online dan CD Interaktif.

Aspek Keuangan
Pada aspek keuangan meliputi analisis keuangan, penyusunan anggaran perusahaan, kapitalisasi dan biaya Start-Up, estimasi biaya, penyusunan cashflow perusahaan (inflow dan outflow), time value of money dan tingkat suku bunga.

A.    Analisis Keuangan
Aliran kas perusahaan dapat dari pemotongan gaji pegawai yang diambil dari gaji setiap bulan sebesar 2% serta jaminan asuransi 2.5%.Keuntungan bersih untuk 3 tahun kedepan dalam perusahaan ini adalah perusahaan gaji pegawai pada awal tahun apabila target tercapai serta modal awal perusahaan sudah kembali.
Laporan keuangan:
Annual Growth Rate: 23%
Cost of Goods Sold: 52,6%
Average Sales Transaction: Rp 96.583.000


B.     Penyusunan Anggaran Perusahaan
Merincikan dana apa saja yang harus di keluarkan oleh perusahaan sebelum mengambil laba bersih.

C.    Estimasi Biaya
Estimasi biaya dibagi menjadi 2 biaya yaitu biaya tetap dan biaya variable yaitu sebagai berikut :

1. Biaya tetapRincian % of sales
2. Kas 2,7 %
3. Gaji pokok pegawai 78,1 %
4. Jamsostek 2,7 %


Biaya variable

Rincian % of sales
1. Biaya listrik 2,5 %
2. Biaya air 2,95 %
3. Biaya internet 6,6 %
4. Biaya telepon 7 %
5. Biaya komisi pegawai 2,7 %
6. Biaya operasional 4,6 %
7. Biaya upah 0,53 %
8. Biaya ATK 0,7 %
9. Biaya Maintenance 0,87 %
10. Biaya hukum & jasa 0 %

-Penyusunan cashflow perusahaan (inflow dan outflow)

Laporan arus kas (cashflow) adalah laporan yang memberikan informasi arus kas perusahaan sebagai dasar menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan dan menggunakan kas.
Komponen laporan:
A.    Kas, terdiri dari saldo kas dan rekening giro bank.
B.     Setara kas, adalah investasi yang sifatnya sangat liquid yang segera dapat dijadikan kas.
C.    Arus kas, adalah arus kas masuk dan kas keluar.
D.    Aktivitas operasi, adalah aktivitas penghasil utama pendapatan dan aktivitas lain yang bukan investasi dan pendanaan.
E.     Aktivitas investasi, adalah aktivitas perolehan dan pelepasan aktivitas jangka panjang serta investasi lain.
F.     Aktivitas pendanaan, adalah aktivitas yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah serta komposisi modal dan pinjaman perusahaan.

Berikut merupakan arus kas pada perusahaan CV. Trimedia Computer:

Penerimaan uang dari pelanggan                 xx
Pembayaran kas kepada karyawan              xx
Pembayaran bunga                                       xx
Pembayaran pajak penghasilan                    xx
Hasil dari penjualan peralatan                                  xx
Pembayaran hutang, sewa guna usaha, dll   xx
Arus kas bersih dari aktivitas operasi                       xx
   
Kriteria investasi
Dalam penghitungan tingkat kelayakan investasi pendirian perusahaan secara finansial
digunakann tiga alat analisis metode  yaitu:

1. Metode Proyek Period
Metode ini mencoba mengukur cepat suatu investasi bisa kembali. Karena itu satuan hasil bukan persentase, tetapi satuan waktu, seperti tahun, bulan. Kalau periode payback ini lebih pendek daripada yang diisyaratkan, maka proyek dikatakn "menguntungkan", sedangkan kalau lebih lama proyek ditolak.

2. Metode Net Present Value
Metode ini menghitung selisish nilai sekarang investasi dengna nilai sekarang penerimaan-penerimaan bersih (operational dan terminal cash flow) di masa yang akan datang. Untuk menghitung nilai sekarang tersebut perlu ditentukan terlebih dahulu tingkat bunga yang relevan. Pada dasarnya tingkat bunga tersebut adalah tingat bunga pada saat kita menganggap keputusan investasi terpisah dari kepututsan pembelanjaan ataupun kita mulai mengkaitkan keputusan investasi dengan keputusan pembelanjaan. Keterkaitan hanya mempengaruhi tingkat bunga, bukan aliran kas.

3. Metode Internal Rate Of Return
IRR adalah menghitung tingkat bunga yang menyamakan nilai sekarang investasi dengan nilai sekarang penerimaan-penerimaan kas bersih dimasa mendatang. Apabila IRR lebih besar daripada tingakt bunga yang relevan (tingkat keuntunga yang diisyaratkan), maka investasi dikatakan menguntungkan, kalau lebih kecil dikatakan merugikan.

4. Metode Profitability Index
Profitability Index menghitung perbandingan antara nilai sekarang penerimaan kas bersih dimasa mendatang dengan nilai sekarang investasi.

Time value of money dan tingkat suku bunga:
Time value of money merupakan suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar