·
Dalam perusahaan ini menyediakan produk yang berbeda dari perusahaan IT
yang lain,dengan spesifikasi mengikuti perkembangan trend,serta harga yang terjangkau
untuk konsumen.
·
Cara bersaing dengan perusahaan IT lainnya dengan meningkatkan promosi
serta pelayanan yang berbeda yang tidak ada di perusahaan IT yang lain.
·
Perusahaan ini menggunakan media iklan yang interaktif dan menarik
untuk memasarkan produk kepada konsumen
Kunci sukses pemasaran adalah
selalu mendapatkan tempat yang cocok yang mewakili hasrat konsumen yang tidak terpenuhi
dan memanfaatkan peluangi tu secara agresif. Keberhasilan usaha pemasaran suatu
perusahaan tergantungpada kemampuan manajemen untuk merencanakan
secarastrategis program- program pemasaran dalam kerangka lingkungan perusahaan
agar tujuan perusahaan dapat tercapai pada aspek pemasaran terdiri dari
spesifikasi produk/jasa, analisis situasi pasar, analisis pesaing, strategi
promosi, strategi bisnis dan implementasi, serta media promosi berbasis TI.
A. Spesifikasi
produk/jasa
1.
Produk/Jasa yang
ditawarkan pada perusahaan CV. Trimedia Computer yaitu:
Paket sistem kemanan Paket sistem ditujukan untuk sistem keamanan baik dirumah, komputer, maupun ruangan. Menjaga data yang penting agar lebih aman.
Paket sistem kemanan Paket sistem ditujukan untuk sistem keamanan baik dirumah, komputer, maupun ruangan. Menjaga data yang penting agar lebih aman.
2. Management
Resource Application
3.
Pembuatan web
Pembuatan
web berdasarkan permintaan client sehingga hasil web tersebut sesuai dengan
keinginan client. Mulai dari tampilan,struktur dan lain-lain.
4.
IT Consultan
Berfungsi
sebagai sarana bagi para client untuk berkonsultasi mengenai bidang IT, baik di
software, hardware, sistem dan jaringan. Perusahaan akan menyediakan solusi
yang serinci mungkin kepada para client.
5. Maintenance
Perangkat Komputer
6.
Pemasangan CCTV
CCTV
akan mengontrol setiap aktifitas yang terjadi didalam ruangan. Hal ini akan
membantu security untuk mengontrol apakah ruangan tersebut sedang menjalan
aktifitas sehari-hari atau tidak.
7. Pemasangan
warnet dan game online
Selain pembuatan
jasa yang ditawarkan, client akan diberi penjelasan yang lebih rinci mengenai
sistem operasional dari sebuah warnet/game center. Sehingga client akan lebih
mandiri jika terdapat trouble.
Sasaran
penjualan ditujukan kepada personal, corporat dan badan usaha menengah ke atas.
B. Analisis situasi pasar
Perusahaan
menganalisis pasar dengan cara mengikuti berbagai event dan pameran komputer,
karena dengan cara itu perusahaan dapat menganalisis pasar dan memahami apa
yang sedang pasar inginkan, dengan menyiapkan strategi pemasaran mulai dari
produk, price, promotion dan place. Sasaran dari perusahaan ini meliputi sektor
korporat, personal dan praktisi IT.
C. Analisis
pesaing
Karakteristik dan Perbandingan
Kompetitif Barang/Jasa Di perusahan ini menawarkan :
-
Harga yang
kompetitif dengan memberikan potongan harga 15% bagi setiap pemesanan 2 jasa.
-
Untuk pembangunan
jaringan dalam berskala besar mendapatkan garansi 2 tahun
-
Jaminan jasa
yang berkualitas serta layanan purna jual yang cepat, sigap dan tepat waktu.
Kualitas bersaing dalam harga :
-
Memberikan harga
yang kompetitif dan potongan harga 15% setiap pemesanan 2 jasa
-
Memberikan
garansi disetiap produknya.
-
Melakukan
pengujian kembali jasa yang telah dipesan agar client tidak pindah ke
perusahaan yang lain.
D.
Strategi promosi
Pada pemasaran
modern, pemasaran bukanlah hanya pengembangan produk, penawaran harga yang
menarik, dan membuatnya mudah didapat oleh konsumen. Perusahaan juga harus
dapat melakukan komunikasi dengan konsumen yang ada, konsumen potensial dan
pihak pihak lain yang berkepentingan dengan
perusahaan serta masyarakat
agar mereka mengetahui dan menyukai
produk- produk perusahaan. Oleh karena
itu promosi atau kounikasi
pasar merupakan bauran yang
penting dalam marketingmix.
Strategi promosi yang dilakukan
perusahaan CV. Trimedia Computer diantaranya:
A.
Cara penjualan
yang dilakukan melalui advertising, sales promotion, personal selling dan
publicity. Sebelum karyawan terjun langsung kepasaran, karyawan akana mengikuti
training mengenai cara berkomunikasi kepada pelanggan, berinteraksi kepada
pelanggan dan menguasai seluk beluk dari jasa yang akan ditawarkan. Bila
karyawan berhasil mendapat sebuah proyek, maka perusahaan akan memberikan
kompensasi/bonus kepada karyawan tersebut.
B. untuk
bisa kerja sama dengan perusahaan lain dalam hal pemasaran maupun pengembangan produk,
perusahan ini melakukan bagi hasil yang kompetitif dengan partner agar
kerjasama dengan perusahaan ini berhasil dan mendapat keuntungan yang besar.
E.
Strategi Bisnis
dan Implementasi
Strategi
yang diterapkan perusahaan yaitu :
Dalam
perusahaan ini menyediakan produk yang berbeda dari perusahaan IT yang
lain,dengan spesifikasi mengikuti perkembangan trend,serta harga yang
terjangkau untuk konsumen.
Cara
bersaing dengan perusahaan IT lainnya dengan meningkatkan promosi serta
pelayanan yang berbeda yang tidak ada di perusahaan IT yang lain.
F. Media promosi berbasis TI
Perusahaan
ini menggunakan media iklan yang interaktif dan menarik untuk memasarkan produk
kepada konsumen. Periklanan adalah bentuk penyajian non personal dan promosi
ide, barang atau jasa yang dibayar oleh
suatu sponsor tertentu.
Periklanan adalah cara
yang paling umum digunakan
untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli dan masyarakat. Iklan
merupakan cara yang
paling efektif untuk menyebarkan pesan
dan untuk membangun
preferensi merk. Namun
betapa pun hebatnya sebuah
iklan tidak ada
gunanya bila tak
mampu menaikkan omset penjualan.
Media iklan yang digunakan perusahaan ini meliputi media elektronik dan cetak,
seperti: brosur pamflet , internet, forum online dan CD Interaktif.
Aspek Keuangan
Pada
aspek keuangan meliputi analisis keuangan, penyusunan anggaran perusahaan,
kapitalisasi dan biaya Start-Up, estimasi biaya, penyusunan
cashflow perusahaan (inflow dan outflow), time value of money dan tingkat suku
bunga.
A.
Analisis
Keuangan
Aliran
kas perusahaan dapat dari pemotongan gaji pegawai yang diambil dari gaji setiap
bulan sebesar 2% serta jaminan asuransi 2.5%.Keuntungan bersih untuk 3 tahun
kedepan dalam perusahaan ini adalah perusahaan gaji pegawai pada awal tahun
apabila target tercapai serta modal awal perusahaan sudah kembali.
Laporan
keuangan:
Annual
Growth Rate: 23%
Cost
of Goods Sold: 52,6%
Average
Sales Transaction: Rp 96.583.000
B.
Penyusunan Anggaran Perusahaan
Merincikan
dana apa saja yang harus di keluarkan oleh perusahaan sebelum mengambil laba
bersih.
C.
Estimasi Biaya
Estimasi
biaya dibagi menjadi 2 biaya yaitu biaya tetap dan biaya variable yaitu sebagai
berikut :
1. Biaya tetapRincian % of sales
2.
Kas 2,7 %
3.
Gaji pokok pegawai 78,1 %
4.
Jamsostek 2,7 %
Biaya variable
Rincian % of sales
1.
Biaya listrik 2,5 %
2.
Biaya air 2,95 %
3.
Biaya internet 6,6 %
4.
Biaya telepon 7 %
5.
Biaya komisi pegawai 2,7 %
6.
Biaya operasional 4,6 %
7.
Biaya upah 0,53 %
8.
Biaya ATK 0,7 %
9.
Biaya Maintenance 0,87 %
10.
Biaya hukum & jasa 0 %
-Penyusunan
cashflow perusahaan (inflow dan outflow)
Laporan
arus kas (cashflow) adalah laporan yang memberikan informasi arus kas
perusahaan sebagai dasar menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan dan
menggunakan kas.
Komponen
laporan:
A. Kas,
terdiri dari saldo kas dan rekening giro bank.
B. Setara
kas, adalah investasi yang sifatnya sangat liquid yang segera dapat dijadikan
kas.
C. Arus
kas, adalah arus kas masuk dan kas keluar.
D. Aktivitas
operasi, adalah aktivitas penghasil utama pendapatan dan aktivitas lain yang
bukan investasi dan pendanaan.
E. Aktivitas
investasi, adalah aktivitas perolehan dan pelepasan aktivitas jangka panjang
serta investasi lain.
F.
Aktivitas
pendanaan, adalah aktivitas yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah serta
komposisi modal dan pinjaman perusahaan.
Berikut
merupakan arus kas pada perusahaan CV. Trimedia Computer:
Penerimaan
uang dari pelanggan xx
Pembayaran
kas kepada karyawan xx
Pembayaran
bunga xx
Pembayaran
pajak penghasilan xx
Hasil
dari penjualan peralatan xx
Pembayaran
hutang, sewa guna usaha, dll xx
Arus
kas bersih dari aktivitas operasi xx
�
Kriteria
investasi
Dalam
penghitungan tingkat kelayakan investasi pendirian perusahaan secara finansial
digunakann
tiga alat analisis metode yaitu:
1.
Metode Proyek Period
Metode ini mencoba mengukur cepat
suatu investasi bisa kembali. Karena itu satuan hasil bukan persentase,
tetapi satuan waktu, seperti tahun, bulan. Kalau periode payback ini lebih
pendek daripada yang diisyaratkan, maka proyek
dikatakn "menguntungkan", sedangkan kalau lebih lama
proyek ditolak.
2. Metode Net Present Value
Metode ini menghitung selisish nilai
sekarang investasi dengna nilai sekarang penerimaan-penerimaan
bersih (operational dan terminal cash flow) di masa yang akan datang. Untuk
menghitung nilai sekarang tersebut perlu ditentukan terlebih dahulu tingkat
bunga yang relevan. Pada dasarnya tingkat
bunga tersebut adalah tingat bunga pada saat kita menganggap keputusan
investasi terpisah dari kepututsan pembelanjaan ataupun kita mulai mengkaitkan keputusan
investasi dengan keputusan pembelanjaan. Keterkaitan hanya mempengaruhi tingkat
bunga, bukan aliran kas.
3. Metode Internal Rate Of Return
IRR adalah menghitung tingkat
bunga yang menyamakan nilai sekarang investasi dengan nilai
sekarang penerimaan-penerimaan kas bersih dimasa mendatang. Apabila IRR lebih
besar daripada tingakt bunga yang relevan
(tingkat keuntunga yang diisyaratkan), maka investasi dikatakan
menguntungkan, kalau lebih kecil dikatakan merugikan.
4. Metode Profitability Index
Profitability Index menghitung
perbandingan antara nilai sekarang penerimaan kas bersih dimasa mendatang dengan
nilai sekarang investasi.
Time value
of money dan tingkat suku bunga:
Time
value of money merupakan suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang
akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu
konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan
waktu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar