Pertama saya akan menjelaskan
konsep dari Interactive Entertainment !
Interactive Entertainment mengacu pada usaha
memproduksi dan mendistribusikan produk dan layanan, yang nilai hiburan (atau
hasilnya) dapat dipengaruhi oleh pengguna melalui umpan balik langsung
(feedback). Konsep Interactive Entertainment ini yaitu bagaimana cara
seseorang memberikan informasi-informasi berupa kombinasi berupa teks, gambar
biasa, gambar bergerak (animasi), ataupun video yang telah diberi kemampuan
untuk mengatur atau mengontrol elemen elemen yang telah dibuat atau yang telah
ada sehingga pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan
informasi-informasi.
Kemudian yang kedua, hal-hal penting yang
harus diperhatikan dari interactive programs adalah dari segi user & programnya.
Menjelaskan peran user & program yangterbentuk komunikasi yang mudah
dipahami oleh user.
Interactive
programming merupakan sebuah prosedur penulisan bagian dari sebuah program
ketika sudah aktif. Ini berfokus pada teks program sebagai antarmuka (Interface)
utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana
program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan
sesudahnya.
Hal penting yang harus diperhatikan dari interactive programs adalah dari segi user dan programnya. Keterlibatan user dalam sebuah program ialah sangat dibutuhkan. Karena alasan dibuatnya program adalah untuk memenuhi kebutuhan user yang berasal dari permintaan user. Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya GUI yang dibangun pada program tersebut.
Hal penting yang harus diperhatikan dari interactive programs adalah dari segi user dan programnya. Keterlibatan user dalam sebuah program ialah sangat dibutuhkan. Karena alasan dibuatnya program adalah untuk memenuhi kebutuhan user yang berasal dari permintaan user. Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya GUI yang dibangun pada program tersebut.
Lalu yang ketiga yaitu salah satu pendukung
interactive system adalah adanya GUI (Graphical User Interface). sebelumnya
saya jelaskan terlebih dahulu apa fungsi dari gui? Fungsi-fungsi GUI dalam
dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa fungsi
dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :
> Pointing device dengan perangkat berupa
mouse
> Memiliki fungsi sebagai plug and play,
yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware
(sinkronisasi)
> Membuat software-software yang menuntut
aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam
proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain
> Untuk digunakan dalam pembuatan System
Operasi sebagai User friendly dan ergonomis
> Pembuatan website
> Opensource software/hardware atau
pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
Lalu yang ke empat saya akan membahas
mengenai komponen-komponen GUI !
Komponen GUI mewarisi kelas JComponent,
antara lain:
Tombol: JButton, JCheckBox, JRadioButton,
JMenuItem
Combo Box : JComboBox
Label : JLabel
List : JList
Menu : JMenu
Tabel : JTabel
Text Fields : JTextField
Penjelasan yang kelima mengenai event yang
merupakan suatu kejadian yang terjadi karena adanya interaksi user dengan
komponen-komponen GUI. Tanpa event, peran GUI tidak akan berjalan. Macam-macam
event untuk komponen-komponen GUI ada lima yaitu :
> Event Model
Interaksi antara user dan komponen GUI
Untuk mendeskripsikan bagaimana program
merespon interaksi user
Bagian-bagian penting:
event source
event listener / Handler
> Event Object
Objek yang terbentuk saat terjadi event
Yaitu ketika user berinteraksi dengan
komponen GUI. Seperti : tekan button, ketik di text field, dll.
Mengandung semua informasi yang berhubungan
dengan event yang muncul, seperti : Tipe event yang muncul, asal dari event
tersebut.
Direpresentasikan oleh class Event
> Event Source
Event Source adalah komponen yang mendapatkan
suatu event yang kemudian ditangkap oleh Event Listener. Event Source dapat
dibedakan dari penamaan komponen itu sendiri, misalnya tombolSimpan,
tombolHapus, dll. Dengan adanya penamaan event source ini, sebuah Event
Listener akan dapat mendeteksi dari mana Event Listener tersebut berasal.
> Event Listener
Event Listener digunakan untuk menangkap
event yang terjadi pada komponen/ Event Source. Berikut beberapa listener yang
biasa digunakan dalam mendeteksi event :
• ActionListener berfungsi
untuk menangani reaksi atas perubahan status pada objek yang digunakan.
Misalnya akibat penekanan tombol mouse atau keyboard.
• AdjustmentListener
berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan status pada objek yang
digunakan pada saat penyesuaian. Misalnya akibat dari penggeseran scrollbar.
• FocusListener berfungsi
untuk menangani reaksi atas perubahan status akibat focus berada pada objek
tertentu. Misalnya kursor berada pada textfield.
• ItemListener berfungsi
untuk menangani reaksi atas perubahan status pada pilihan yang terdapat pada
objek tertentu. Misalnya pemilihan pada checkbox atau radio button.
• KeyListener berfungsi untuk
menangani reaksi dari keyboard. Misalnya penekanan tombol Ctrl, Alt, dll.
• MouseListener berfungsi
untuk menangani reaksi dari penekanan tombol pada mouse.
• MouseMotionListener
berfungsi untuk menangani reaksi akibat mouse digerakkan, misalnya melewati
lokasi komponen tertentu.
• MouseWheelListener
berfungsi untuk menangani reaksi event scroll pada mouse.
• TextListener berfungsi
untuk menangani event pada text.
• WindowListener berfungsi
untuk menangani reaksi atas perubahan jendela akibat ukuran diperbesar,
dikecilkan, dipindah maupun ditutup.
• WindowFocusListener
berfungsi untuk menangani reaksi pada jendela.
• WindowStatelListener
berfungsi untuk menangani status event jendela.
> Event Handler
Event Handler berupa blok method dari
listener yang menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event.
Misalkan pada event tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event
pada Event Source tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data
yang akan didefenisikan pada blok Event Handler.
Yang keenam saya akan menjelaskan mengenai
event dalam konsep struktur interactive program yaitu kejadian yang
terjadi atas interaksi dari komputer dengan manusia.
mengenai evet dari standard programming
dengan interactive programming memiliki perbedaan dimana pada interactive
programming, dalam menyelesaikan masalah yang perlu penambahan algoritma,
program dapat terus dijalankan tanpa harus dihentikan selama penulisan ulang
dari program, berbeda dengan standard programming.
NPM
|
Nama
|
Kinerja
|
50410238
|
Ady Prasetyo
|
Mengerjakan dari nomer 1, 2, 3
|
56410449
|
Septanio St
|
Mengerjakan dari nomer 4,5, 6
|
SUMBER :
http://www.
nryulia.staff.gunadarma.ac.id
http://www.noorhayatin.staff.umm.ac.id
http://ittelkom.ac.id/staf/mhd/MateriKuliah/Software%20Project%20I/Referensi/e-Book/GUI.pdf
http://docs.oracle.com/javase/tutorial/uiswing/components/combobox.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Interactive_programming
Tidak ada komentar:
Posting Komentar