Selasa, 25 Juni 2013

TUGAS SOFTSKILL


Pada tugas softskill kali ini saya akan membahas tentang beberapa pengertian tentang beberapa fungsi dalam grafik computer yang dimana fungsi tersebut digunakan salah asatunya dalam mmebuat game.

TUGAS 1
Pada postingan kali ini penulis akan membahas tentang Shading dan Objek Material. Terdapat pengertian tentang Shading , Menurut sumber referensi yang saya peroleh dari  google bahwa  Shading  mempunyai beberapa pengertian antara lain :

·         Shading adalah bidang yang terbentuk akibat hilangnya sebuah sinar oleh objek yang tidak bisa ditembus oleh sinar tersebut.
  • Shading adalah proses penentuan warna dari semua pixel yang menutupi permukaan menggunakan model illuminasi.
·         Mengevaluasi intensitas cahaya dan warna menggunakan model illuminasi. 

Shader adalah sebuah program yang digunakan dalam 3D software tertentu  (Softimage) dalam proses special rendering. Shader diperlukan untuk memenuhi kebutuhan special effect tertentu atau menentukan karakteristik material pada permukaan objek.

Ada 3 jenis shader yaitu :
1.Vertex Shader
berkaitan dengan vertex(titik) dari suatu objek 3D. Pembuatan,perubahan bentuk objek ditangani disini.
2. Geometry Shader
Hanya ada di DirectX 10. Geometry Shader menjembatani Vertex Shader dengan Pixel Shader.
3. Pixel Shader
Bertanggun jawab pada masalah lighting, Semua visual efek ada disini. Warna akhir dari suatu pixel ditentukan disini.

Macam macam Shader :

1.Anisotropic
 Material dengan highlight berbentuk eclipse. Biasanya digunakan untuk benda bentuk memanjang.
2. Metal
       Material yang mensimulasikan efek logam
3.Multi Layer
 Material dengan highlight berlapis, dan lebih kompleks dibandingkan Anisotropic


4.Oren Nayar Blinn
Material yang sedikit redup dan rata dibandingkan Blinn, misalnya untuk karpet.
5.      Phong
 Material dengan highlight bulat dan lebih tajam dibandingkan Blinn
6.      Strauss
Material dengan permukaan metalik atau non metalik, namun dengan pengaturan yang lebih sederhana dibandingkan jenis lainnya
7.      Blinn
Material dengan highlight berbentuk bulat dan sedikit lembut. Tipe ini merupakan default.

Fungsi distribusi reflektansi bidireksional diperkenalkan oleh Edward Nicodemus sekitar tahun 1965.
Fungsi merupakan penyempurnaan model reflektansi Lambert dengan tiga model difusi yaitu model difusi Lambert, Minnaert dan Oren-Nayar .

Sumber Referensi : sumarna.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/31666/3.+Bayangan.ppt
http://id.wikipedia.org/wiki/Refleksi

http://books.google.co.id/books?id=X3kn-0uTpJMC&pg=PA157&lpg=PA157&dq=jenis-jenis%20shader%20pada%203D&source=bl&ots=y7JGjtpNzA&sig=UBXlWwA3NdjYGVJ8M9Fu4HP31ic&hl=id&sa=X&ei=urK4UO6kHYbkrAe_5IHIBw&ved=0CDcQ6AEwAg#v=onepage&q&f=true

TUGAS 2

Selanjutnya untuk tugas kedua saya akan membahas tentang jenis jenis pencahayaan yeng terdiri dari Ambient,Diffcuse,Specular, Menurut sumber referensi yang saya baca dalam buku raytracing.pdf pengertian Ambient,Diffcuse,Specular adalah sebagai berikut :

Ambient adalah efek pencahayaan yang telah membaur dengan lingkungan sehingga arah cahaya tidak dapat diketahui, seakan akan cahaya datang dari segala arah. Efek ini akan mempengaruhi terang atau tidaknya suatu lingkungan yang terlihat oleh mata. Semakin banyak lampu maka ruangan semakin terang, Sebaliknya jika lampu sedikit maka ruangan remang remang. Intensitas ambient pada suatu objek dapat dicari dengan persamaan :
I = Ia * ka
dimana,
I= Intensitas yang dihasilkan
Ia=Intensitas ambient
Ka=Koenfisien Ambient

Diffuse adalah pencahayaan yang tergantung dari besarnya sudut yang dibentuk antara sinar dari lampu ke titik tabrak pada objek dengan norma objek. Sehingga posisi lampu sangat mempengaruhi efek diffuse ini. Intensitas diffuse dapat dicari dengan hukum Lambertian sebagai berikut :

I=Ip*Kd(cos θ )

Dari persamaan intensitas diffuse tersebut cos θ dapat dihitung dengan melakukan dot product antara sinar dari lampu ke titik tabrak objek dengan normal objek itu, masing masing merupakan unit vektor. Sehingga didapat persamaan baru yaitu :

I=Ip*Kd*(L dot N)
dimana,
I=Intensitas yang dihasilkan
Ip=Intensitas diffuse dari sumber cahaya X
Kd=koefisien diffuse
N=Vektor norman dari objek
L=Vektor dari titik tabrak ke sumber cahaya
θ = Sudut antara N dan L

Specular adalah efek pencahayaan dimana bayangan sumber cahaya terlihat pada permukaan objek. Efek specular terlihat pada objek yang mengkilap.Semakin mengkilap permukaan suatu objek maka makin jelas bayangan sumber cahaya yang terlihat pada permukaan objek tersebut. Untuk mencarai intensitas specular ydapat digunakan persamaan sebagai berikut :
 I = Ip * Ks(cosθ )n
dari persamaan tersebut Cos θ dapat dihitung menggunakan dot product antara arah pantulan dengan negasi dari arah sinar. sehingga persamaannya menjadi
I = Ip * Ks * (R •V ) pangkat n
dimana,
I=Intensitas yang dihasilkan
Is=Intensitas Specular dari sumber cahaya X
Ks=Koefisien Specular
n= Variabel yang menentukan luar area yang berkilau jika terkena cahaya yang dipancarkan oleh sumber cahaya
R=arah pantulan berupa unit vektor
V=Negasi dari arah sinar

Advanced transparancy merupakan setting transparan objek material.
Advanced transparency terdiri dari :
Falloff berfungsi untuk mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection dari titik pusatnya (Sub-Object terpilih).
Falloff terdiri dari 2 jenis yaitu :
1.Falloff in merupakan ukuran falloff lebih besar dari hatspot sehingga cahaya yang masuk lebih banyak.
2. Falloff out merupakan ukuran lebih kecil dari hatspot sehingga cahaya yang masuk lebih sedikit


Sumber referensi :
Raytracing.pdf
http://books.google.co.id/books?id=X3kn-0uTpJMC&pg=PA157&lpg=PA157&dq=jenis-jenis%20shader%20pada%203D&source=bl&ots=y7JGjtpNzA&sig=UBXlWwA3NdjYGVJ8M9Fu4HP31ic&hl=id&sa=X&ei=urK4UO6kHYbkrAe_5IHIBw&ved=0CDcQ6AEwAg#v=onepage&q&f=true
http://www.slideshare.net/Agustonce13/modul-3-d-max-elementry

Tugas 3

Apa yang dimaksud dengan Texture Map, Mapping Cordinate ?
Jawab :

Texture Map merupakan salah satu teknik untuk meningkatkan kualitas gambar dengan cara memetakan sebuah gambar ke permukaan geometri untuk membuat permukaan yang detail .
Texture Map terdiri dari :
bitmap : memilih file gambar image
checker : pola papan catur
marble : teksture berupa marmer
gradien : teksture dari gradasi tiga buah warna
water : menampilkan efek air
wood : menampilkan tekstur kayu


Mapping Coordinate adalah adalah suatu cara untuk memetakan sebuah gambar berdasarkan letak suatu titik bidang

Rancangan dan Scenario Game

Didalam sebuah perancangan sebuah game biasanya terdapat beberapa kebutuhan dalam membuat game.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar